Ariel Numpang Nulis

Degradasi Berita Cerdas Menjadi Hoax

10 Feb 2017 - 21:12 WIB

Sesuai judul yang saya tempelkan diatas akhir-akhir ini menjadi sorotan publik adalah para pengejar dan penyebar berita yang biasa disebut wartawan atau pers, Pada zaman dulu seorang yang berprofesi sebagai pemburu berita atau wartawan adalah orang-orang yang benar-benar spesialis dalam bidang jurnalistik.

Seiring perkembangan dekade, semua itu terdegradasi oleh waktu dimana setiap orang yang tidak perlu keahlian khusus pun bisa menuliskan berita entah itu kejadian yang sesungguhnya atau fitnah alias Hoax.

Seorang jurnalis atau bisa disebut juga penulis atau bloger sejatinya berfungsi sebagai pembagi berita untuk masyarakat sebagai sarana pendidikan dan intertainment, pembuka wawasan serta penanam benih kecerdasan bagi masyarakat awam dan buta warta.

Kini seakan-akan fungsi utama nya terdegradasi menjadi penyebar berita fitnah dimana para oknum Pers terjerembab dan terperosok kedalam dunia politik sesat sehingga berita dan informasi yang disajikan tidak lagi mencerdaskan melainkan menyesatkan dan tergolong HOAX, Dimana mereka mencari peluang untuk pemasukan kantong sakunya mereka akan menuliskan sesuatu yang sama sekali tidak membangun bahkan banyak yang menyebarkan fitnah yang berdampak pada pecahnya persatuan dan kesatuan masyarakat.

Dengan canggihnya teknologi semua orang bermodalkan Smartphone bisa menuliskan berita yang notabene berita tersebut tidak 100% valid kebenarnya, Apalagi dengan dukunagan media sosial yang dengan sekejap mampu menyebarkan berita yang mereka tulis menjadi viral dan sukses menjadi bagian perusak pengetahuan pembaca berita.

Sebagai bloger cerdas kita harus bisa memilih dan memilah berita mana yang akan kita sampaikan, jangan langsung pukul rata menyebar tulisan yang belum tentu kebenaranya apalagi hasil copy paste, Saya menghimbau Para bloger BLOGDETIK khususnya mari menulis dan memberikan berita yang penuh manfaat dan pengetahuan bagi para pembaca blog kita.

Kita manfaatkan BLOGDETIK ini sebagai suatu sarana untuk mengamalkan suati kebaikan dengan menulis suatu berita dengan baik dan benar tanpa ada fitnah kepada media atau seseorang tertentu, Sudah saat nya Bloger BLOGDETIK bangun dari tidurnya untuk meningkatkan kembali gairah menulis sesuatu yang benar dengan tujuan memerangi Jurnalis maupun Bloger yang suka memnyebarkan berita HOAX.

Dihari Pers Nasional ini marilah kita sama-sama bersatu untuk memerangi dan kita #HANTAMHOAX dengan dimulai dari kita sendiri untuk menulis berita yang bermanfaat dan sebagi sumber informasi yang baik dan benar bagi semua pembaca.

Siapapun anda apapun profesi anda tanamkan pada hati anda untuk tidak menulis berita-berita yang menyesatkan bagi pembaca,hapus semua tulisan yang sudah terlanjur ditulis di Blog kita yang menyesatkan agar tidak menjadi sesuatu yang merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

“Bloger Cerdas Menulis Dengan Kebenaran Bukan Dengan Kebusukan”

Kita para bloger juga bagian dari Pers / Jurnalistik yang sejatinya mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai pemberi informasi yang baik dan benar juga sebagai pemberi intertainmen bagi masyarakat pembaca berita.

 

 

 


TAGS   EVENT /


Author

Belajar Menjadi Orang Yang Berguna Bagi Orang Lain

Tulisan Terbaru