Ariel Numpang Nulis

Puasa Ramadhan Bukanlah Siksaan

17 May 2017 - 15:29 WIB

Tinggal beberapa hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan melakukan sebuah ibadah yang sangat diwajibkan yaitu Beribadah Puasa Ramadhan sebulan penuh bagi umat muslim baik laki laki maupun perempuan dan yang sudah memenuhi syarat rukun dari ibadah puasa, Namun tidak semua umat muslim menyambut Bulan suci ramadhan ini dengan riang hati dan suka cita tetapi ada beberapa umat muslim yang beranggapan ibadah puasa menghalanginya untuk melakukan aktifitasnya karena seharian tidak makan dan minum akan menghambat kinerja dalam pekerjaanya.

Bagi orang muslim yang benar benar muslim akan menjadikan Puasa Ramadhan ini sebagai ajang untuk menempa diri bagaimana dia merasakan saudara saudara kita yang kekurangan makan tetap bekerja membanting tulang dengan giat dan gigihnya walau mereka sedang kelaparan, Selain itu juga puasa ramadhan juga sebagai Rem bagi nafsu dan sahwat kita untuk tidak melakukan hal hal yang dilarang oleh Agama Islam.

Puasa Ramadhan adalah Rukun Islam yang ke 4 dimana banyak sekali faedah dan manfaat yang terkandung di dalam ibadah puasa tersebut, Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda juga sebagai pengontrol nafsu baik itu nafsu syahwat maupun nafsu lawwama yang mana nafsu nafsu tersebut selalu mengajak kita kepada pergunjingan,kesesatan dan berfoya-foya di dunia ini.

Selain puasa itu sehat dan sudah banyak riset yang membuktikan puasa juga sebagai ajang diet bagi tubuh kita dimana proses pencernaan lambung di istirahatkan sebulan dari mencerna makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari, Puasa Ramadhan bukanlah Siksaan tetapi puasa ramadhan memberikan kesehatan dan kekuatan iman serta membangun rasa kepedulian terhadap sesama.

Di bulan suci Ramadhan juga terjadi pembentukan suatu rasa saling tolong menolong antar sesama dimana sering kita jumpai banyak sekali beberapa orang membagikan makanan atau takjil gratis di pinggir pinggir jalan yang tidak akan pernah kita jumpai di bulan selain ramadhan. Disamping itu sebuah pembelajaran tentang Disiplin juga terkandung di dalam bulan suci ramadhan dimana seluruh umat islam serentak bangun di pagi hari untuk bersahur dan berbuka di sore hari waktu maghrib datang.

Bulan ramdahan juga sebagai ajang pemersatu warga dan antar tetangga dimana mereka yang biasanya di sibukan dengan katifitas nya masing masing di bulan ramadhan mereka keluar bersama sama untuk melakukan sholat tarawih bersama yang bisa menimbulkan terjalinya tali silaturahmi antar tetangga. Pada hari menjelang Idul fitri juga umat islam lagi lagi diberikan sebuah pembelajaran yaitu mengeluarkan Zakat Fitrah untuk membantu umat muslim yang kurang mampu.

Dari uraian saya diatas hanya sekelumit saja betapa DAHSYAT nya bulan suci ramadahan, Masih banyak sekali manfaat bagi kita dan orang lain yang melakukan Ibadah Puasa di bulan suci ramadhan. Jadi jangan sekali kali berfikiran bahwa Puasa Ramadhan menyiksamu karena dengan berpuasa kita mendapat suatu hikmah yang sangat banyak baik kenikmatan jasad kita maupun kinikmatan rohaniah kita.

“MARHABAN YA RAMADHAN” Jadikan Ramadhan tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu dengan memperbanyak kebaikan dan mengurangi bahkan menghilangkan kemaksiatan dalam diri kita.


TAGS   opini /


Author

Belajar Menjadi Orang Yang Berguna Bagi Orang Lain

Tulisan Terbaru