Ariel Numpang Nulis

Tips Berhenti Merokok Secara Islami

12 May 2017 - 22:27 WIB

Dilema perokok adalah suatu bahasan yang sangat pelik sekali bagi orang-orang yang tidak bisa menghentikan aktifitas merokoknya, Bahkan wacana pemerintah dan MUI untuk mengharamkan rokok seakan dibenturkan dengan beberapa alasan seperti :

- Rokok saya yang beli kok situ yang ngelarang

- Tidak ada dalil yang menjelaskan haramnya rokok

- Saya yang hisap rokok dan saya juga yang mati situ kok repot.

Namun demikian dengan beberapa alasan para pecandu rokok tersebut sebenarnya pembelaan diatas hanya untuk menutupi keburukan perilaku para pecandu rokok. Loh kok bisa? Coba anda bayangkan anda merokok di depan anak anak kita dan secara tidak langsung memori yang mereka lihat akan terekam dan otomatis mereka akan meniru gaya dan perilaki kita.

Ironisnya fakta anak anak masih duduk si bangku SD sudah mulai ke warung kopi dan melakukan aktifiitas merokok, lebih parahnya karena ketagihan rokok mereka yang belum mempunyai penghasilan rela mencuri walau uang orang tuanya sendiri hanya untuk membeli sebatang rokok. Dengan ilustrasi diatas apakah anda tidak ikut andil dalam perusakan moral generasi bangsa ini? Dan alasan diatas hanya sebiji dari dampak buruk rokok yang kita hisap, belum lagi masalah yang lain seperti kehidupan sosial dan kesehatan yang sangat buruk di timbulkan oleh efek rokok.

Merokok selain dampak yang ditimbulkan sangat buruk bagi kesehatan kita dan sudah dibuktikan oleh para pakar kesehatan kalau tidak ada efek yang bermanfaat bagi kesehatan, sekarang kita berfikir secafa CERDAS dan LOGIKA di bagian mana rokok membawa efek baik bagi kesehatan tubuh kita?

Dimana mana kebanyakan suatu produk akan menampilkan efek di dalam kemasannya seperti : Produk Madu akan ada label dan tulisan Sangat baik bagi kesehatan,mengembalikan kondisi tubuh pasca sakit dll. Dan juga produk sabun pasti di dalam kemasan akan bertuliskan menghaluskan dan menyehatkan kulit anda, Lah kalau Rokok? Di dalam bungkusnya tertera ” Merokok Membunuhmu ” ” Merokok dapat menimbulkan serangan jantung,impotensi gangguan kehamilan dan janin” mana manfaat baiknya dari rokok untuk tubuh kita?

Rokok memang anda yang beli tapi merokoklah di Hutan atau ruangan tertutup jangan kotori udara kami dengan asap rokok kalian, karena kami juga punya hak untuk menghirup udara yang bersih dan sehat, coba bayangkan setiap pagi di sebuah warkop ada puluhan orang yang ngopi sambil ngerokok itu sudah mencemari udara yang seharusnya orang orang mencari udara segar dan sehat di pagi hari tercemari oleh ulah kalian para perokok. Apa kalian Sadar? Tentu tidak karena perokok rata rata egois.

Anda beralasan tidak ada dalil yang melarang merokok, Andai sifat tersebut muncul di zaman nabi Maka mereka akan melarang untuk tidak merokok karena menganiaya diri sendiri tanpa kita sadari dan lebih banyak Madharat nya dari pada manfaatnya.

Dengan uraian saya diatas mungkin ada pembaca yang rajin merokok mempunyai keinginan untuk berhenti tetapi tidak bisa juga sudah browsing sana kemari namun belum sembuh juga dari penyakit merokoknya alangkah baiknya anda melakukan tips dari saya yang sudah saya terapkan dan berhasil namun ini sangat manjur sekali apabila anda sebagai umat muslim yang memang tips kali ini secara Islami :

√ Niatkan untuk benar benar ingin berhenti merokok sekarang juga

√ Apabila rasa ingin membeli rokok sangat kuat masukan uang yang akan anda belikan rokok tersebut ke kotak amal, sehinggah anda tidak bisa membeli rokok dan pahala anda semakin berlipat.

√ Lakukan puasa karena puasa selain menambah pahala juga sebagai rem bagi anda untuk tidak merokok

√ Lebih seringlah ke tempat ibadah ( Mushollah l, Masjid Dll ) karena sudah jelas bila anda di tempat ibadah maka dilarang merokok.

√ Perbanyak mengaji dan berdzikir sebagai ganti rokok anda.

Bagaimana dengan umat non muslim? Apa bisa menerapkan metode tersebut? jawabanya BISA, tinggal bagaimana anda mengola tips saya diatas untuk di terapkan ke perilaku anda bagi yang non muslim.

Sekian dulu sedikit pembahasan dan tips untuk berhenti merokok, Semua tergantung niat anda sekuar apakah niat anda? Anda berhenti merokok selain menjaga kesahatan anda dan orang orang sekitar anda juga anda sebagai penyelamat generasi bangsa ini.

 

Semoga Bermanfaat


TAGS   Kesehatan /


Author

Belajar Menjadi Orang Yang Berguna Bagi Orang Lain

Tulisan Terbaru